KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL BIOLOGI KELAS 2

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Satuan Pendidikan

:

Madrasah Aliyah

 

Alokasi Waktu

: 90 Menit

 

Mata Pelajaran

:

Biologi

 

Jumlah Soal

: 35 PG dan 5 Uraian

 

Kelas/Semester

:

XI/ I

 

Tahun Pelajaran

: 2021/2022

 

Kurikulum Acuan

:

Kurikulum 2013 Revisi

 

Penulis

: Tuti Mutiah




 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi

Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Domain

No

Soal

 

1.

KI 3:   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

 

3.1   Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

Sejarah sel

Menentukan tokoh teori sel dan teori yang dikemukakannya

PG

C2

1

 

Komponen penyususn kimia sel

Menyebutkan komponen penyusun kimia sel

PG

CI

2

 

Struktur sel hewan

Disajikan gambar sel, peserta didik mampu mengidentifikasi struktur sel tumbuhan dan sel hewan

PG

C4

3

 

Disajikan wacana tentang organel sel.  peserta didik mampu mengidentifikasi struktur sel tumbuhan dan sel hewan

PG

C2

4

 

Disajikan gambar tentang sel. Peserta didik mampu memahami struktur organel-organel sel dengan fungsinya

PG

C2

5

 

Disajikan gambar membran sel. Peserta didik mampu memahami struktur membrane sel

PG

C3

6

 

Disajikan wacana tentang karakteristik sel. Peserta didik mampu memahami struktur penyusun sel

PG

C2

7

 

3.2  Menganalisis berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanisme transpor membran, reproduksi, dan sistesis protein

 

 

 

 

Transportasi zat pada membran

Disajikan wacana tentang transpor membran. Peserta didik mampu mengidentifikasi mekanisme transpor melalui membrane

PG

C2

8

 

Disajikan gambar proses transpor pada membran. Peserta didik mampu menganalisis salah satu mekanisme transportasi zat melalui membrane

PG

C4

 

9

 

 

 

Disajikan wacana tentang percobaan osmosis. Peserta didik mampu mengidentifikasi transportasi zat yang terjadi pada tumbuhan

PG

C3

10

 

Disajikan wacana tentang transpor membran. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dari macam-macam trasportasi zat melalui membran

PG

C2

11

 

 

 

 

3.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan

Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan

·     Jenis-jenis jaringan pada tumbuhan

·     Sifat totipotensi dan kultur jaringan

 

 

 

 

 

 

Disajikan gambar jaringan pada daun. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan

PG

C2

12

 

Disajikan wacana tentang jaringan tumbuhan. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan

PG

C3

13

 

Disajikan wacana tentang jaringan tumbuhan. Peserta didik mampu memahami struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan

PG

C2

14

 

Disajikan wacana tentang jaringan tumbuhan. Peserta didik mampu memahami struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan

PG

C2

15

 

Disajikan wacana tentang jaringan penyokong. Peserta didik mampu memahami struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan

PG

C2

16

 

Disajikan wacana tentang kultur jaringan, peserta didik mampu memahami tentang kultur jaringan

PG

C2

17

 

3.4  Menganalisis keterkaitan antara  struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan

 

 

Struktur dan Fungsi Jaringan pada Hewan

·     Struktur jaringan pada hewan

·     Letak dan fungsi jaringan pada hewan

 

Disajikan wacana tentang darah. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan darah pada hewan

PG

C3

18

 

Disajikan wacana tentang jaringan hewan. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan darah pada hewan

PG

C3

19

 

Mengidentifikasi struktur berbagai jaringan epitel,  jaringan otot berdasarkan hasil pengamatan

PG

C3

20

 

Disajikan wacana tentang jaringan otot. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur berbagai jaringan epitel,  jaringan otot berdasarkan hasil pengamatan

PG

C3

21

 

Disajikan gambar sel syaraf. Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi bagian-bagian neuron berdasarkan gambar yang disajikan

PG

C3

22

 

 

 

3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia

Jenis jenis rangka

Fungsi rangka

persendian

Disajikan wacana tentang rangka tubuh. Peserta didik mampu menjelaskan struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem  gerak pada manusia

PG

C1

23

 

 

Disajikan gambar tulang rusuk, peserta didik mampu memahami struktur tulang rusuk

PG

C3

24

 

 

Disajikan wacana bentuk tulang. Peserta didik mampu mengidentifikasi macam-macam tulang

PG

C2

25

 

 

Disajikan wacana tentang persendian, peserta didik mampu mengidentifikasi nama sendi

PG

C2

26

 

 

Disajikan wacana tentang otot. Peserta didik mampu menyebutkan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia

PG

C1

27

 

 

Disajikan wacana tentang kerja otot. Peserta didik mampu mengidentifikasi mekanisme kontraksi otot

PG

C2

28

 

 

Disajikan wacana tentang gangguan pada sistem gerak. Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia

PG

C2

29

 

 

 

3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia

System peredaran darah

Disajikan wacana tentang darah. Peserta didik mampu menyebutkan struktur dan fungsi darah

PG

C2

30

 

 

Disajikan kasus transfusi darah. Peserta didik mampu menganalisis golongan darah

PG

C3

31

 

 

Disajikan gambar struktur jantung, peserta didik mampu mengidentifikasi  bagian jantung

PG

C3

32

 

 

 

3.7Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia

System pencernaan

Disajikan wacana tentang pencernaan makanan. Peserta didik mampu menjelaskan organ pencernaan beserta fungsinya

PG

C2

33

 

 

Disajikan wacana tentang organ pencernaan. Peserta didik mampu menganalisis enzim yang terlibat dalam system pencernaan

PG

C4

34

 

 

 

 

 

Disajikan wacana tentang penyakit pada system pencernaan. Peserta didik mampu memprediksi gangguan yang mungkin terjadi pada system pencernaan

PG

C3

35

 

 

 

3.1 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

Struktur dan fungsi sel

Disajikan wacana tentang sel. Peserta didik mampu mengelompokan perbedaan struktur sel tumbuhan atau sel hewan

Uraian

C4

1

 

 

 

3.2 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan

Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Disajikan wacana tentang jaringan meristem. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan

Uraian

C3

2

 

 

 

3.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan

Struktur dan fungsi jaringan hewan

Disajikan tabel jenis jaringan hewan, peserta didik mampu melengkapi tabel jaringan hewan

Uraian

C3

3

 

 

 

 

3.4 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia

System gerak

Peserta didik mampu menentukan jenis jenis tulang

Uraian

C3

4

 

 

 

3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia

System peredaran darah

Disajikan gambar pembekuan darah. Peserta didik mampu menjelaskan skema proses pembekuan darah

Uraian

C3

5

 

 

Serang,      Oktober 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

……………………………..

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

SOAL FIKIH KELAS DUA SEMESTER SATU

SOAL KELAS DUA PG SEMESTER GANJIL

LATIHAN SOAL FIQIH