KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL BIOLOGI KELAS 2
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2021/2022
Satuan Pendidikan | : | Madrasah Aliyah |
| Alokasi Waktu | : 90 Menit |
| ||||||||
Mata Pelajaran | : | Biologi |
| Jumlah Soal | : 35 PG dan 5 Uraian |
| ||||||||
Kelas/Semester | : | XI/ I |
| Tahun Pelajaran | : 2021/2022 |
| ||||||||
Kurikulum Acuan | : | Kurikulum 2013 Revisi |
| Penulis | : Tuti Mutiah |
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Bentuk Soal |
Domain |
No Soal |
|
||||||
1. |
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3.1 Menjelaskan komponen kimiawi
penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai
unit terkecil kehidupan |
Sejarah sel |
Menentukan tokoh teori sel dan teori yang dikemukakannya |
PG |
C2 |
1 |
|
||||||
Komponen penyususn kimia sel |
Menyebutkan
komponen penyusun kimia sel |
PG |
CI |
2 |
|
|||||||||
Struktur sel hewan |
Disajikan
gambar sel, peserta didik mampu mengidentifikasi struktur sel tumbuhan dan
sel hewan |
PG |
C4 |
3 |
|
|||||||||
Disajikan
wacana tentang organel sel. peserta
didik mampu mengidentifikasi struktur sel tumbuhan dan sel hewan |
PG |
C2 |
4 |
|
||||||||||
Disajikan
gambar tentang sel. Peserta didik mampu memahami struktur organel-organel sel
dengan fungsinya |
PG |
C2 |
5 |
|
||||||||||
Disajikan
gambar membran sel. Peserta didik mampu memahami struktur membrane sel |
PG |
C3 |
6 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang karakteristik sel. Peserta didik mampu memahami struktur
penyusun sel |
PG |
C2 |
7 |
|
||||||||||
3.2
Menganalisis berbagai bioproses dalam sel yang meliputi
mekanisme transpor membran, reproduksi, dan sistesis protein |
Transportasi zat pada membran |
Disajikan
wacana tentang transpor membran. Peserta didik mampu mengidentifikasi
mekanisme transpor melalui membrane |
PG |
C2 |
8 |
|
||||||||
Disajikan
gambar proses transpor pada membran. Peserta
didik mampu menganalisis salah satu mekanisme transportasi zat melalui
membrane |
PG |
C4 |
9 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang percobaan osmosis. Peserta didik mampu mengidentifikasi
transportasi zat yang terjadi pada tumbuhan |
PG |
C3 |
10 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang transpor membran. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
dari macam-macam trasportasi zat melalui membran |
PG |
C2 |
11 |
|
||||||||||
|
|
3.3 Menganalisis
keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ
pada tumbuhan |
Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan ·
Jenis-jenis jaringan pada tumbuhan ·
Sifat
totipotensi dan kultur jaringan |
Disajikan
gambar jaringan pada daun. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan
fungsi jaringan pada tumbuhan |
PG |
C2 |
12 |
|
||||||
Disajikan
wacana tentang jaringan tumbuhan. Peserta didik mampu mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan |
PG |
C3 |
13 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang jaringan tumbuhan. Peserta didik mampu memahami struktur dan
fungsi berbagai jaringan tumbuhan |
PG |
C2 |
14 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang jaringan tumbuhan. Peserta didik mampu memahami struktur dan
fungsi berbagai jaringan tumbuhan |
PG |
C2 |
15 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang jaringan penyokong. Peserta didik mampu memahami struktur dan
fungsi berbagai jaringan tumbuhan |
PG |
C2 |
16 |
|
||||||||||
Disajikan wacana tentang kultur jaringan, peserta didik
mampu memahami tentang kultur jaringan |
PG |
C2 |
17 |
|
||||||||||
3.4 Menganalisis keterkaitan antara struktur
sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan |
Struktur dan Fungsi Jaringan pada Hewan ·
Struktur
jaringan pada hewan ·
Letak dan fungsi jaringan pada hewan |
Disajikan
wacana tentang darah. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan
fungsi jaringan darah pada hewan |
PG |
C3 |
18 |
|
||||||||
Disajikan
wacana tentang jaringan hewan. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan darah pada hewan |
PG |
C3 |
19 |
|
||||||||||
Mengidentifikasi
struktur berbagai jaringan epitel,
jaringan otot berdasarkan hasil pengamatan |
PG |
C3 |
20 |
|
||||||||||
Disajikan
wacana tentang jaringan otot. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur
berbagai jaringan epitel, jaringan
otot berdasarkan hasil pengamatan |
PG |
C3 |
21 |
|
||||||||||
Disajikan
gambar sel syaraf. Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi bagian-bagian
neuron berdasarkan gambar yang disajikan |
PG |
C3 |
22 |
|
||||||||||
|
|
3.5 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
gerak manusia |
Jenis jenis rangka Fungsi rangka persendian |
Disajikan
wacana tentang rangka tubuh. Peserta didik mampu menjelaskan struktur dan
fungsi rangka sebagai penyusun sistem
gerak pada manusia |
PG |
C1 |
23 |
|
||||||
|
Disajikan
gambar tulang rusuk, peserta didik mampu memahami struktur tulang rusuk |
PG |
C3 |
24 |
|
|||||||||
|
Disajikan
wacana bentuk tulang. Peserta didik mampu mengidentifikasi
macam-macam tulang |
PG |
C2 |
25 |
|
|||||||||
|
Disajikan
wacana tentang persendian, peserta didik mampu mengidentifikasi nama sendi |
PG |
C2 |
26 |
|
|||||||||
|
Disajikan
wacana tentang otot. Peserta didik mampu menyebutkan struktur dan fungsi otot
sebagai penyusun sistem gerak pada manusia |
PG |
C1 |
27 |
|
|||||||||
|
Disajikan
wacana tentang kerja otot. Peserta didik mampu mengidentifikasi mekanisme
kontraksi otot |
PG |
C2 |
28 |
|
|||||||||
|
Disajikan
wacana tentang gangguan pada sistem gerak. Peserta didik mampu
mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem
gerak manusia |
PG |
C2 |
29 |
|
|||||||||
|
|
3.6
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem
sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada sistem sirkulasi manusia |
System peredaran darah |
Disajikan
wacana tentang darah. Peserta didik mampu menyebutkan struktur dan fungsi
darah |
PG |
C2 |
30 |
|
||||||
|
Disajikan
kasus transfusi darah. Peserta didik mampu menganalisis golongan darah |
PG |
C3 |
31 |
|
|||||||||
|
Disajikan gambar struktur jantung, peserta didik mampu
mengidentifikasi bagian jantung |
PG |
C3 |
32 |
|
|||||||||
|
|
3.7Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam
kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi
pada sistem pencernaan manusia |
System pencernaan |
Disajikan
wacana tentang pencernaan makanan. Peserta didik mampu menjelaskan organ
pencernaan beserta fungsinya |
PG |
C2 |
33 |
|
||||||
|
Disajikan
wacana tentang organ pencernaan. Peserta didik mampu menganalisis enzim yang
terlibat dalam system pencernaan |
PG |
C4 |
34 |
|
|||||||||
|
|
|
|
Disajikan
wacana tentang penyakit pada system pencernaan. Peserta didik mampu
memprediksi gangguan yang mungkin terjadi pada system pencernaan |
PG |
C3 |
35 |
|
||||||
|
|
3.1 Menjelaskan
komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung
dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan |
Struktur dan fungsi sel |
Disajikan
wacana tentang sel. Peserta didik mampu mengelompokan
perbedaan struktur sel tumbuhan atau sel
hewan |
Uraian |
C4 |
1 |
|
||||||
|
|
3.2 Menganalisis
keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada
tumbuhan |
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan |
Disajikan
wacana tentang jaringan meristem. Peserta didik mampu mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan |
Uraian |
C3 |
2 |
|
||||||
|
|
3.3 Menganalisis
keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada
hewan |
Struktur dan fungsi jaringan hewan |
Disajikan tabel jenis jaringan hewan, peserta didik mampu melengkapi
tabel jaringan hewan |
Uraian |
C3 |
3 |
|
||||||
|
|
3.4 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
gerak manusia |
System gerak |
Peserta
didik mampu menentukan jenis jenis tulang |
Uraian |
C3 |
4 |
|
||||||
|
|
3.5 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
sirkulasi manusia |
System peredaran darah |
Disajikan
gambar pembekuan darah. Peserta didik mampu menjelaskan skema proses
pembekuan darah |
Uraian |
C3 |
5 |
|
||||||
Serang, Oktober 2021 Guru Mata Pelajaran …………………………….. |
Comments
Post a Comment