KISI-KISI SOALBIOLOGI KELAS X

https://youtu.be/FBKk6hWNG7A

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Satuan Pendidikan

:

MA NURUL HIDAYA

 

Alokasi Waktu

: 90 Menit

 

Mata Pelajaran

:

BIOLOGI

 

Jumlah Soal

35 PG & 5 ESSAY

 

Kelas/Semester

:

X/ GANJIL

 

Tahun Pelajaran

: 2021/2022

 

Kurikulum Acuan

:

Kurikulum 2013 Revisi

 

Penulis

Rizma Yuansih, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi

Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk

Soal

Domain

No

Soal

 

1

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan

3.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi

(permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja di Laboratorium

 

Ruang Lingkup Biologi

Menjelaskan  ruang lingkup Biologi

PG

C2

1

 

Cabang-caang Biologi

Menjelaskan permasalahan padaberbagai objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan

PG

C2

2

 

Essay

40

 

Metode  Ilmiah

Siswa dapat  menyusun langkah-langkah metode ilmiah.

PG

C2

3

 

Prinsip keselamatan kerja di Laboratorium

Siswa dapat menginterpretasikan hal-hal yang harus dilakukan di laboratorium sesuai standar K3.

PG

C2

4

 

3.2 Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.

Konsep keanekaragaman Haytai

Mengetahui dan menjelaskan konsep keanekaragaman hayati tingkat gen

PG

C2

5

 

Keanekaragaman hayati Indonesia

Menyebutkan fauna khas Indonesia

PG

C1

6

 

Garis Wallace dan Garis Weber

Menjelaskan hubungan garis Wallace dan garis Weber dengan keanekaragaman hayati Indonesia

PG

C3

7

 

Keunikan hutan hujan tropis, pesisir, dan Laut Indonesia

Menyebutkan hewan-hewan dan tumbuhan endemis di Indonesia

PG

C1

8

 

Upaya pelestarian kehati Indonesia dan pemanfaatannya

Mengidentifikasi berbagai kegiatan perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati secara in-situ dan ex-situ

PG

C1

9

 

Sistem klasifikasi makhluk hidup

Siswa mengidentifikasi sistem tata nama makhluk hidup

PG

C1

10

 

Menjelaskan tingkat takson dalam klasifikasi

PG

C2

11

 

3.3 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.

Sejarah penemuan virus

Menjelaskan  penemu adanya virus

PG

C2

12

 

15

 

Ciri-ciri virus

Menjelaskan ciri-ciri virus

PG

C2

13

 

14

 

Penyakit yang disebabkan oleh virus

Siswa dapat mengelompokkan penyakit yang diakibatkan oleh virus

PG

C4

16

 

Peran virus dalam kehidupan

Siswa dapat menganalisis dampak dari aktivitas virus terhadap manusia.

PG

C4

17

 

Peran remaja dalam pencegahan AIDS

Siswa dapat  membuat sebuah poster atau stiker tetang pencegahan AIDS pada remaja dan lingkungan sekitar

Essay

C4

36

 

3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk  melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Ciri-ciri bakteri

Disajikan gambar model gambar struktur sel bakteri,  siswa dapat menentukan bagian-bagian struktur sel bakteri.

PG

C3

18

 

Siswa dapat membedakan reproduksi bakteri

PG

C2

19

 

20

 

Pengamatan bakteri

Siswa dapat menerapkan pengetahuannya tentang pewarnaan gram pada bakteri

PG

C3

21

 

22

 

Essay

37

 

Peran bakteri dalam kehidupan manusia

Siswa dapat mendefinisikan beberapa jenis bakteri menguntungkan .

PG

C2

23

 

3.5 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Klasifikasi protista

Disajikan gambar model kelompok protista, siswa dapat membedakan alat gerak yang dimiliki oleh protista tersebut.

PG

C2

24

 

Siswa dapat menganalisa teks dan menentukan ciri-ciri dari protista.

PG

C4

25

 

Siswa dapat menyimpulkan sebuah percobaan untuk menemukan ciri-ciri filum pada protista.

PG

C2

26

 

Peran protista dalam kehidupan

Siswa dapat menerapkan pengetahuannya tentang kingdom protista

Essay

C3

38

 

PG

27

 

3.6 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Klasifikasi jamur

Disajikan gambar daur hidup jamur.

PG

C1

28

 

Siswa dapat menentukan ciri utama pada kelompok jamur tertentu.

PG

 

C2

29

 

30

 

35

 

Siswa dapat membedakan perbedaan kelompok jamur

PG

C2

31

 

Peran jamur dalam kehidupan

Siswa dapat mendefinisikan fungsi jamur

PG

C2

32

 

Siswa dapat menerapkan pengetahuannya tentang simbiosis fungi

Essay

C3

39

 

PG

33

 

34

 

 


https://youtu.be/5J1O9q7m7-g

https://youtu.be/FBKk6hWNG7A


Comments

Popular posts from this blog

SOAL FIKIH KELAS DUA SEMESTER SATU

SOAL KELAS DUA PG SEMESTER GANJIL

LATIHAN SOAL FIQIH