KISI-KISI SOALBIOLOGI KELAS X
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2021/2022
Satuan Pendidikan | : | MA NURUL HIDAYA |
| Alokasi Waktu | : 90 Menit |
| ||||||
Mata Pelajaran | : | BIOLOGI |
| Jumlah Soal | : 35 PG & 5 ESSAY |
| ||||||
Kelas/Semester | : | X/ GANJIL |
| Tahun Pelajaran | : 2021/2022 |
| ||||||
Kurikulum Acuan | : | Kurikulum 2013 Revisi |
| Penulis | : Rizma Yuansih, S.Pd |
| ||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Bentuk Soal |
Domain |
No Soal |
|
||||
1 |
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan |
3.1 Menjelaskan ruang
lingkup biologi (permasalahan pada berbagai
obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode
ilmiah dan prinsip keselamatan kerja di Laboratorium
|
Ruang
Lingkup Biologi |
Menjelaskan
ruang lingkup Biologi |
PG |
C2 |
1 |
|
||||
Cabang-caang
Biologi |
Menjelaskan
permasalahan padaberbagai objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan |
PG |
C2 |
2 |
|
|||||||
Essay |
40 |
|
||||||||||
Metode Ilmiah |
Siswa
dapat menyusun langkah-langkah metode
ilmiah. |
PG |
C2 |
3 |
|
|||||||
Prinsip keselamatan kerja di
Laboratorium |
Siswa
dapat menginterpretasikan hal-hal yang harus dilakukan di laboratorium
sesuai standar K3. |
PG |
C2 |
4 |
|
|||||||
3.2 Menganalisis
data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen,
jenis dan ekosistem) di Indonesia. |
Konsep
keanekaragaman Haytai |
Mengetahui
dan menjelaskan konsep keanekaragaman hayati tingkat gen |
PG |
C2 |
5 |
|
||||||
Keanekaragaman
hayati Indonesia |
Menyebutkan
fauna khas Indonesia |
PG |
C1 |
6 |
|
|||||||
Garis Wallace
dan Garis Weber |
Menjelaskan
hubungan garis Wallace dan garis Weber dengan keanekaragaman hayati
Indonesia |
PG |
C3 |
7 |
|
|||||||
Keunikan
hutan hujan tropis, pesisir, dan Laut Indonesia |
Menyebutkan
hewan-hewan dan tumbuhan endemis di Indonesia |
PG |
C1 |
8 |
|
|||||||
Upaya
pelestarian kehati Indonesia dan pemanfaatannya |
Mengidentifikasi
berbagai kegiatan perlindungan dan pelestarian keanekaragaman hayati secara in-situ dan ex-situ |
PG |
C1 |
9 |
|
|||||||
Sistem
klasifikasi makhluk hidup |
Siswa
mengidentifikasi sistem tata nama makhluk hidup |
PG |
C1 |
10 |
|
|||||||
Menjelaskan
tingkat takson dalam klasifikasi |
PG |
C2 |
11 |
|
||||||||
3.3
Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan
tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan
masyarakat. |
Sejarah
penemuan virus |
Menjelaskan penemu adanya virus |
PG |
C2 |
12 |
|
||||||
15 |
|
|||||||||||
Ciri-ciri
virus |
Menjelaskan
ciri-ciri virus |
PG |
C2 |
13 |
|
|||||||
14 |
|
|||||||||||
Penyakit
yang disebabkan oleh virus |
Siswa
dapat mengelompokkan penyakit yang diakibatkan oleh virus |
PG |
C4 |
16 |
|
|||||||
Peran
virus dalam kehidupan |
Siswa
dapat menganalisis dampak dari aktivitas virus terhadap manusia. |
PG |
C4 |
17 |
|
|||||||
Peran
remaja dalam pencegahan AIDS |
Siswa
dapat membuat sebuah poster atau
stiker tetang pencegahan AIDS pada remaja dan lingkungan sekitar |
Essay |
C4 |
36 |
|
|||||||
3.4
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan
eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk
melalui pengamatan secara teliti dan sistematis. |
Ciri-ciri
bakteri |
Disajikan
gambar model gambar struktur sel bakteri,
siswa dapat menentukan bagian-bagian struktur sel bakteri. |
PG |
C3 |
18 |
|
||||||
Siswa
dapat membedakan reproduksi bakteri |
PG |
C2 |
19 |
|
||||||||
20 |
|
|||||||||||
Pengamatan
bakteri |
Siswa
dapat menerapkan pengetahuannya tentang pewarnaan gram pada bakteri |
PG |
C3 |
21 |
|
|||||||
22 |
|
|||||||||||
Essay |
37 |
|
||||||||||
Peran
bakteri dalam kehidupan manusia |
Siswa
dapat mendefinisikan beberapa jenis bakteri menguntungkan . |
PG |
C2 |
23 |
|
|||||||
3.5
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan
ciri-ciri umum kelas dan peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara
teliti dan sistematis. |
Klasifikasi
protista |
Disajikan
gambar model kelompok protista, siswa dapat membedakan alat gerak yang
dimiliki oleh protista tersebut. |
PG |
C2 |
24 |
|
||||||
Siswa
dapat menganalisa teks dan menentukan ciri-ciri dari protista. |
PG |
C4 |
25 |
|
||||||||
Siswa
dapat menyimpulkan sebuah percobaan untuk menemukan ciri-ciri filum pada
protista. |
PG |
C2 |
26 |
|
||||||||
Peran
protista dalam kehidupan |
Siswa
dapat menerapkan pengetahuannya tentang kingdom protista |
Essay |
C3 |
38 |
|
|||||||
PG |
27 |
|
||||||||||
3.6
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan
ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis. |
Klasifikasi
jamur |
Disajikan
gambar daur hidup jamur. |
PG |
C1 |
28 |
|
||||||
Siswa
dapat menentukan ciri utama pada kelompok jamur tertentu. |
PG
|
C2 |
29 |
|
||||||||
30 |
|
|||||||||||
35 |
|
|||||||||||
Siswa
dapat membedakan perbedaan kelompok jamur |
PG |
C2 |
31 |
|
||||||||
Peran
jamur dalam kehidupan |
Siswa
dapat mendefinisikan fungsi jamur |
PG |
C2 |
32 |
|
|||||||
Siswa
dapat menerapkan pengetahuannya tentang simbiosis fungi |
Essay |
C3 |
39 |
|
||||||||
PG |
33 |
|
||||||||||
34 |
|
|||||||||||
Comments
Post a Comment